EMOTIONAL INTELLIGENCE DITINJAU DARI PERBEDAAN PARENTING STYLE PADA SISWA SMA SANTO THOMAS 2

EVI SAFITRI GIRSANG, SUSI MELIATI NAINGGOLAN (2019) EMOTIONAL INTELLIGENCE DITINJAU DARI PERBEDAAN PARENTING STYLE PADA SISWA SMA SANTO THOMAS 2 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

 

Abstrak: Pada seorang anak, kecerdasan emosional atau emotional intelligence dipengaruhi oleh faktor parenting style seperti penerapan disiplin dalam keluarga. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui korelasi antara parenting style orang tua dengan kecerdasan emosi peserta didik kelas XI SMA Santo Thomas 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI SMA Santo Thomas 2 Medan dengan jumlah 307 siswa dengan metode sampling probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala likert untuk mengumpulkan data parenting style orang tua dan emotional intelligence. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara parenting style dengan emotional intelligence.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 9
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling
NOMOR ISSN/ISBN 24427802
LAMAN PENERBIT (URL) https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/2398