MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI IKLIM KELAS PADA SISWA/SISWI JURUSAN IPS DI METHODIST 2 MEDAN
CINDY WILIEM (2020) MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI IKLIM KELAS PADA SISWA/SISWI JURUSAN IPS DI METHODIST 2 MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada hubungan positif antara iklim kelas dan motivasi belajar, dengan asumsi iklim kelas yang lebih kondusif dirasakan oleh siswa, semakin tinggi motivasi belajar siswa dan sebaliknya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA di Methodist 2 dengan jurusan IPS sebanyak 182 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi Product Moment melalui SPSS 17 untuk Windows. Hasil analisis data menunjukkan r = 0,575 dan p = 0,000 (p <0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara iklim kelas dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi (R2) yang diberikan variabel iklim kelas terhadap motivasi belajar adalah 33,1 persen, sisanya 66,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan positif antara iklim kelas dengan motivasi belajar, dapat diterima.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2020 |
VOLUME JURNAL | 13 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Psyche 165 Journal |
NOMOR ISSN/ISBN | 25028766 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/59 |