ANALISIS KEMAMPUAN MENGKOHESIKAN DAN MENGKOHERENKAN TULISAN PADA SISWA SMA YPN MARISI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURUL AINI RITONGA, PRATIWI BR TARIGAN, FRISKA CAHYANI HUTABARAT (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENGKOHESIKAN DAN MENGKOHERENKAN TULISAN PADA SISWA SMA YPN MARISI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis karangan yang kohesi dan koheren di SMA Marisi Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Tempat dan peristiwa yang menjadi sumber data dalam penelitian ini, yaitu tempat SMA Marisi Medan. Peristiwa yang dilakukan berupa kegiatan pembelajaran menulis karangan eksplanasi yang berlangsung dalam kelas, wawancara dengan guru bidang studi bahasa Indonesia SMA Marisi Medan. Adapun hasil penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mengkohesikan dan mengkoherenkan tulisan di SMA Marisi Medan.

 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 8
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT KODE: JURNAL BAHASA
NOMOR ISSN/ISBN 2301-5411
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/16007