ANALISIS KEMAMPUAN MENGKOHESIKAN DAN MENGKOHERENKAN TULISAN PADA SISWA SMA YPN MARISI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NURUL AINI RITONGA, PRATIWI BR TARIGAN, FRISKA CAHYANI HUTABARAT (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENGKOHESIKAN DAN MENGKOHERENKAN TULISAN PADA SISWA SMA YPN MARISI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis karangan yang kohesi dan koheren di SMA Marisi Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Tempat dan peristiwa yang menjadi sumber data dalam penelitian ini, yaitu tempat SMA Marisi Medan. Peristiwa yang dilakukan berupa kegiatan pembelajaran menulis karangan eksplanasi yang berlangsung dalam kelas, wawancara dengan guru bidang studi bahasa Indonesia SMA Marisi Medan. Adapun hasil penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mengkohesikan dan mengkoherenkan tulisan di SMA Marisi Medan.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 8 |
NOMOR JURNAL | 3 |
NAMA PENERBIT | KODE: JURNAL BAHASA |
NOMOR ISSN/ISBN | 2301-5411 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/16007 |