ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT SUNTER SUMBER SINERGI MEDAN

JEFRY JUVIN, WINNY CHAISAR, GITA MONICA BR GINTING, TOM WIDODO HALIM, JENNIFER (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT SUNTER SUMBER SINERGI MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, promosi

penjualan,dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sunter Sumber Sinergi.

Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti adalah pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini,

peneliti menggunakan data perusahaan yaitu pelanggan ( agent ) yang telah bergabung dengan

PT. Sunter Sumber Sinergi berjumlah 351 orang sebagai populasi dan sampel berjumlah 216

orang. Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian simultan (uji F)

bahwa F hitung > F tabel (61,649 > 2,26 ) dan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05, bahwa

dengan metode pengujian simultan kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling

berpengaruf positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi Medan.

Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian parsial (uji t) bahwa

t hitung > t tabel, menunjukan kualitas pelayanan (6,046 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 <

0,05, promosi penjualan (2,251 > 1,65309) dengan signifikan 0,026 < 0,05, personal selling

(5,411 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap

kepuasaan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini

adalah kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling, berpengaruh secara

signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2020
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Universitas Kadiri Kediri
NOMOR ISSN/ISBN 26212374
LAMAN PENERBIT (URL) http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek
LAMAN ARTIKEL (URL) http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/682