ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT SUNTER SUMBER SINERGI MEDAN
JEFRY JUVIN, WINNY CHAISAR, GITA MONICA BR GINTING, TOM WIDODO HALIM, JENNIFER (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT SUNTER SUMBER SINERGI MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, promosi
penjualan,dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sunter Sumber Sinergi.
Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti adalah pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan data perusahaan yaitu pelanggan ( agent ) yang telah bergabung dengan
PT. Sunter Sumber Sinergi berjumlah 351 orang sebagai populasi dan sampel berjumlah 216
orang. Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian simultan (uji F)
bahwa F hitung > F tabel (61,649 > 2,26 ) dan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05, bahwa
dengan metode pengujian simultan kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling
berpengaruf positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi Medan.
Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian parsial (uji t) bahwa
t hitung > t tabel, menunjukan kualitas pelayanan (6,046 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 <
0,05, promosi penjualan (2,251 > 1,65309) dengan signifikan 0,026 < 0,05, personal selling
(5,411 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasaan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini
adalah kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling, berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2020 |
VOLUME JURNAL | 3 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Universitas Kadiri Kediri |
NOMOR ISSN/ISBN | 26212374 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/682 |