EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII MTS AL-WASLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

DIANA NASUTION , WINTON BUULOLO, NASRUL BERUTU, DEARMA NATALIA BR. S (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII MTS AL-WASLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektivitasan kemampuan memahami teks berita dengan menggunakan model scientific oleh siswa kelas VIII MTS Al-Wasliyah Gedung Johor Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs  Al-Wasliyah dengan jumlah 80 siswa, dimana kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas ekperimen terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran scientific kemampuan memahami teks beritanya lebih efektif dari pada model pembelajaran  konvensional (diskusi).  Peningkatan ini dapat dilihat thitung > ttabel yaitu  4,45 > 1,991 maka kriteria hipotesis alternatif menerima Ha . Hal ini membuktikan  efektivitas model pembelajaran scientific dapat meningkatkan kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Gedung Johor Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 8
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT Kode: Jurnal Bahasa
NOMOR ISSN/ISBN 2301-5411
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/14724