PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS VII SMP GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MESRANI NDURU, MONIKA MAGDALENA SINAGA, LIDYA CHRISTMAWANTI BR.SINAGA (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS VII SMP GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses, kualitas hasil dan peningkatan pembelajaran menulis cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Permasalahan penelitian muncul ketika peneliti mewancarai guru bahasa Indonesia di kelas VII SMP Global Prima Nasional Plus School bahwa hasil pembelajaran menulis siswa masih rendah 75 dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Untuk menjawab permasalahan penelitian, peneliti melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatan pembelajaran menulis siswa. Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan Tes. Instrumen penelitian terdiri atas pedoman penilaian observasi baik untuk siswa maupun peneliti dan pedoman penilaian hasil kerja siswa dalam menulis cerita fabel. Subyek penelitian (responden) yakni siswa kelas VII-A SMP GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Berdasarkan langkah kerja metodologi penelitian, diperoleh hasil penelitian yakni a) Siklus I dengan kualitas proses pembelajaran ketuntasan klasikal yakni 74,07%, kualitas hasil 59,25% dan kualitas peneliti dalam menggunakan model pembelajaran 45 %, b) Siklus II (dua) dengan kualitas proses ketuntasan klasikal 88,88%, kualitas hasil 92,59% sertakualitas peneliti menggunakan model pembelajaran menjadi 100 %. Ada peningkatan pembelajaran yakni peningkatan proses dan hasil belajar siswa dari siklus I, 59,25 % ke Siklus II menjadi 92,59 %, dengan persentasi peningkatan 33,34 %. Oleh karena itu model pembelajaran model Picture and Picture dapat membantu memperbaiki proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai maksimal.
This study aims to determine the quality of the process, the quality of results and the improvement of learning to write fables using picture and picture learning model. The problem of the research arose when the researcher interviewed Indonesian teachers in class VII-A of the GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL Middle School that the student's learning outcomes were still low 75 and still not reached the minimum completeness criteria. To answer the problems of the research, researchers conducted research using picture and picture learning models in improving student writing learning. The researcher used an action classroom research approach and used data collection methods by means of observation and tests. The research instrument consists of guidelines for observing observations for both students and researchers and guidelines for evaluating student work in writing fable stories. The research subjects (respondents) were the GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL. The data were analyzed by qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive analysis. Based on the methodology of the research, result of the research were obtaineda) Cycle I (one) with classical completeness quality process 74.07%, quality of result 59.25% and the quality of researchers using 45% learning models, b) Cycle II (two) with quality process classical completeness 88.88%, quality of results 92.59% and the quality of researchers using the learning model to be 100%. There is an increase in learning, namely an increase in process and student learning
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 1 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) |
NOMOR ISSN/ISBN | 26846780 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/article/view/1057 |