EKSPLORASI LEGENDA TAMBAK DALAM SUKU KARO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KECAMATAN LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2019

NOVITA SARI BAGO, SRI ULINA BR TARIGAN, NADIA ULFA (2019) EKSPLORASI LEGENDA TAMBAK DALAM SUKU KARO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KECAMATAN LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTAK

Penelitian ini merupakan kajian pragmatik yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk cerita “Tambak” dalam suku karo serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA kecamatan Labuhan Deli. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan peyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita “Tambak” ini belum pernah di dengar oleh masyarakat diluar desa tersebut sehingga layak sebagai bahan ajar untuk pembelajaran sastra di SMA.

 

ABSTRACT

This study is a pragmatic study meant to illustrate the true figure of "Tambak" in karo tribes and the relevance of literary learning in high school denunciation of a deli. Data collection utilizes interviews and observation techniques. Data analysis used interactive analysis, namely reduction, presentation of data, and cluster withdrawal. Data validity techniques use theoretical and source triangulation. Research procedures include planning, enforcement, and justifying reports. Studies show that this "Tambak" had never been heard by people outside the village and was therefore worthy of teaching high school literature.

Keywords: exploration, folklore, "Tambak", literary study

 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 8
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT Kode: Jurnal Bahasa
NOMOR ISSN/ISBN 2301-5411
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/14720