PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
LASROHA MARITO SIMANULLANG, ROMA ITO PURBA, NASRAH BANCIN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PUISI
OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Oktaviandi Bertua Pardede, Lasroha Marito Simanullang, Roma Ito Purba, Nasrah Bancin.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari beberapa model pembelajaran terhadap hasil
belajar puisi oleh siswa VIII SMP Negeri 19 Medan. Model pembelajaran yang diterapkan
dalam penelitian akan dideskripsikan terlebih dahulu sebelum disimpulkan. Berdasarkan
identifikasi masalah maka penelitian ini mengharapkan adanya perbedaan pengaruh dari model
pembelajaran yang digunakan dalam penelitian. Adapun model pembelajaran yang akan diteliti
adalah model jigsaw, STAD, dan konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan
kuantitatif dan desain penelitiannya menggunakan anava satu jalur (3X1). Terdapat tiga
variabel bebas dengan satu variabel terikat yang akan dianalisis dalam penelitian ini.
Teknik penarikan sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Lalu diperoleh tiga
kelas dari 5 kelas paralel yaitu kelas VIII-1, VIII-2, dan VIII-3. Analisis data yang diterapkan
dalam penelitian ini adalah uji lebih dari dua rata-rata atau uji anava satu jalur. Sehingga
hipotesis yang akan diuji akan ditentukan melalui SPSS dengan kriteria penerimaan Ha dan H0
menggunakan probabilitas sig dan α. Berdasarkan analisis data yang digunakan maka diperoleh
ketiga model pembelajaran memiliki masing-masing rata 70,24; 71,71; 68,20. Uji normalitas
penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran data setiap model pembelajaran adalah normal
dengan perbandingan setiap sig (0,200; 0,095; 0,200) > α = 0,05. Uji homogenitas penelitian
ini juga menunjukkan bahwa ketiga kelas memiliki varians data yang sama dengan harga sig =
0,418 > 0,05. Kemudian melalui uji hipotesis yang digunakan maka diperoleh bahwa sig =
0,044 < α = 0,05 sehingga uji ini menerima Ha yaitu terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran yang signifikan terhadap hasil belajar puisi siswa. Dengan demikian kriteria uji
lanjutan yang telah dipersyaratkan memperoleh hasil uji hipotesis yaitu hanya pasangan model
STAD dan konvensional saja yang menerima Ha yaitu kedua model pembeljaran memiliki
perbedaan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar puisi siswa sedangkan
kombinasi pasangan tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: Model pembelajaran, hasil belajar, puisi, pengaruh
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Edutech umsu |
NOMOR ISSN/ISBN | 2442-6024/2442-7063 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/issue/current/showToc |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/3385 |