ANALISIS FAKTOR KENDALA-KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS SISWA SMP DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
BUDI SETIA MUNTE, AYU SILVIA MANULLANG, SAHRIA SIBUEA, HENNI NOVRIANTI BR. MANULLANG (2019) ANALISIS FAKTOR KENDALA-KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS SISWA SMP DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek keterampilan berbahasa yaitu
keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dari berbagai jenis keterampilan
menulis salah satu yang harus dipahami dan dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Pertama
(SMP) adalah menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI). Akan tetapi, kenyataannya masih banyak
siswa yang memiliki kendala dalam penulisan karya ilmiah. Kenyataan tersebut diperoleh
dari observasi dan wawancara dengan beberapa guru SMP di kota Medan. Dirasiokan dari
100 siswa, hanya 35% saja yang mampu menulis karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.
Kendala lainnya dalam penulisan karya ilmiah adalah rendahnya motivasi menulis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala penulisan Karya Tulis
Ilmiah, dampaknya, dan hasil, serta kaitannya terhadap motivasi menulis pada siswa SMP di
Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kemudian
hasil survey tersebut akan digunakan dalam analisis SWOT. Analisis ini didasarkan pada
logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun
secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
Deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis,
faktual, akurat mengenai sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.
Penelitian ini mendeskripsikan, memaparkan kemampuan dan kendala yang dialami siswa
dengan jumlah sampel 100-120 siswa. Hasil yang diperoleh yaitu Kemampuan KTI oleh
siswa menunjukkan kuantitas pada kategori 2 yaitu rendah. Beberapa siswa yang kurang
tertarik pada saat diminta menjawab soal pilihan berganda dan mengisi angket. Siswa dan
non siswa cenderung setuju dengan butir-butir angket, dari situ dapat dinyatakan bahwa
perilaku siswa dalam aktivitas KTI sangat dipengaruhi oleh motivasi siswa dalam belajar.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 4 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | BAHASTRA UMSU |
NOMOR ISSN/ISBN | 25500848/ 26142988 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1719 |