ANALISIS FAKTOR KENDALA-KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS SISWA SMP DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019

BUDI SETIA MUNTE, AYU SILVIA MANULLANG, SAHRIA SIBUEA, HENNI NOVRIANTI BR. MANULLANG (2019) ANALISIS FAKTOR KENDALA-KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS SISWA SMP DI KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek keterampilan berbahasa yaitu

keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dari berbagai jenis keterampilan

menulis salah satu yang harus dipahami dan dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Pertama

(SMP) adalah menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI). Akan tetapi, kenyataannya masih banyak

siswa yang memiliki kendala dalam penulisan karya ilmiah. Kenyataan tersebut diperoleh

dari observasi dan wawancara dengan beberapa guru SMP di kota Medan. Dirasiokan dari

100 siswa, hanya 35% saja yang mampu menulis karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.

Kendala lainnya dalam penulisan karya ilmiah adalah rendahnya motivasi menulis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala penulisan Karya Tulis

Ilmiah, dampaknya, dan hasil, serta kaitannya terhadap motivasi menulis pada siswa SMP di

Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey kemudian

hasil survey tersebut akan digunakan dalam analisis SWOT. Analisis ini didasarkan pada

logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun

secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).

Deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis,

faktual, akurat mengenai sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.

Penelitian ini mendeskripsikan, memaparkan kemampuan dan kendala yang dialami siswa

dengan jumlah sampel 100-120 siswa. Hasil yang diperoleh yaitu Kemampuan KTI oleh

siswa menunjukkan kuantitas pada kategori 2 yaitu rendah. Beberapa siswa yang kurang

tertarik pada saat diminta menjawab soal pilihan berganda dan mengisi angket. Siswa dan

non siswa cenderung setuju dengan butir-butir angket, dari situ dapat dinyatakan bahwa

perilaku siswa dalam aktivitas KTI sangat dipengaruhi oleh motivasi siswa dalam belajar.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 4
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT BAHASTRA UMSU
NOMOR ISSN/ISBN 25500848/ 26142988
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1719