NILAI BUDAYA NIAS DALAM TEKS “HIKAJA DUADA HIYA” SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL
SERVINA BR HALAWA (2024) NILAI BUDAYA NIAS DALAM TEKS “HIKAJA DUADA HIYA” SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai budaya dalam teks “Hikaja Duada Hiya”
sebagai penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Dalam penelitian ini,
dilakukan analisis teks hoho HDH untuk mengungkapkan nilai-nilai budaya Nias dan
penerapannya sebagai penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan menengah.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis
keberadaan dokumentasi dan analisis interaktif. Data diperoleh dari teks hoho HDH
yang dikumpulkan oleh Martin Thomsen pada tahun 1979. Teknik analisis data yang
digunakan adalah semiotika Rifaterre dan manual data analysis prosedur. Dari hasil
penelitian, bahwa adanya peranan semiotika riffate
rre dalam pembacaan pada teks
HDH, dimana terdapat penekanan dari pembacaan heuristik untuk memudahkan
pembaca dalam menerapkan keterampilan berbahasa pada teks HDH tersebut.
Kemudian terdapat nilai budaya antara lain nilai kebenaran, keindahan, moral dan
religius sebagai penguatan daripada nilai pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai
toleransi, nilai cinta damai, nilai displin dan nilai tanggung-jawab dalam mengkaji teks
HDH sesuai fungsi dan ketetapannya.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2024 |
VOLUME JURNAL | 10 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Universitas Majalengka |
NOMOR ISSN/ISBN | 2548-6756 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio |