NILAI BUDAYA NIAS DALAM TEKS “HIKAJA DUADA HIYA” SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL

SERVINA BR HALAWA (2024) NILAI BUDAYA NIAS DALAM TEKS “HIKAJA DUADA HIYA” SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai budaya dalam teks “Hikaja Duada Hiya” 

sebagai penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Dalam penelitian ini, 

dilakukan analisis teks hoho HDH untuk mengungkapkan nilai-nilai budaya Nias dan 

penerapannya sebagai penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan menengah. 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis 

keberadaan dokumentasi dan analisis interaktif. Data diperoleh dari teks hoho HDH 

yang dikumpulkan oleh Martin Thomsen pada tahun 1979. Teknik analisis data yang 

digunakan adalah semiotika Rifaterre dan manual data analysis prosedur. Dari hasil 

penelitian, bahwa adanya peranan semiotika riffate

rre dalam pembacaan pada teks 

HDH, dimana terdapat penekanan dari pembacaan heuristik untuk memudahkan 

pembaca dalam menerapkan keterampilan berbahasa pada teks HDH tersebut. 

Kemudian terdapat nilai budaya antara lain nilai kebenaran, keindahan, moral dan 

religius sebagai penguatan daripada nilai pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai 

toleransi, nilai cinta damai, nilai displin dan nilai tanggung-jawab dalam mengkaji teks 

HDH sesuai fungsi dan ketetapannya.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2024
VOLUME JURNAL 10
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Universitas Majalengka
NOMOR ISSN/ISBN 2548-6756
LAMAN PENERBIT (URL) http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio
LAMAN ARTIKEL (URL) http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio