ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 071036 TURUMBAHO

KAMARUDIN ZAI (2023) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 071036 TURUMBAHO , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan wujud alih kode guru dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri 071036 Turumbaho, (2) menggambarkan wujud campur kode guru dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri 071036 Turumbaho, dan (3) menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya alih kode dan campur kode guru dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri 071036 Turumbaho. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 071036 Turumbaho, objek penelitian yakni bahasa atau tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran. Desain penelitian yaitu analisis isi (content analysis). Instrumen penelitian yakni dokumen dalam bentuk bahasa atau tuturan guru. Waktu penelitian selama tiga bulan yakni bulan Februari sampai dengan April 2023.   Hasil penelitian, peneliti menemukan wujud alih kode guru di kelas 1, 2 dan 3 SD Negeri 071036 Turumbaho adalah alih kode intern bahasa Indonesia ke bahasa daerah Nias berupa frasa sebanyak dua (2) data dengan persentase 20,00% dan kalimat sebanyak delapan (8) data dengan persentase 80,00%. Sementara wujud campur kode yakni campur kode intern bahasa Indonesia ke bahasa daerah Nias berupa penyisipan kata sebanyak tiga (3) data dengan persentase 23,08%, frasa sebanyak tujuh (7) data dengan persentase 53,85%, klausa sebanyak satu (1) data dengan persentase 7,69%, dan kalimat sebanyak dua (2) data dengan persentase 15,38%.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2023
VOLUME JURNAL 7
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Kredo Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
NOMOR ISSN/ISBN p-ISSN: 2598-3202; e-ISSN: 2599-316X
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo