PENGARUH DIMENSI RELIABILITY TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PADANG BULAN MEDAN
DEWINTA ISABORA GUSTRIANINGSIH PURBA (2019) PENGARUH DIMENSI RELIABILITY TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PADANG BULAN MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Kehandalan (reliability) adalah kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat dan memuaskan. Jika dimensi reliability ini tidak diterapkan dengan baik maka akan menimbulkan masalah sehingga dapat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi reliability terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Bulan Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth inetrview). Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk narasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 pasien dan 2 petugas kesehatan yang berada di Puskesmas Padang Bulan dengan total jumlah 6 orang. Sampel didapatkan dengan menggunakan metode simple random sampling. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Data sekunder diperoleh dari Puskesmas Padang Bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi reliability khususnya pada bagian ketepatan jadwal tidak memuaskan, hal ini disebabkan karena masih adanya tenaga kesehatan yang datang tidak tepat waktu dan pulang pada saat jam kerja.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 8 |
NOMOR JURNAL | 3 |
NAMA PENERBIT | JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit) |
NOMOR ISSN/ISBN | 25416715 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://journal.umy.ac.id/index.php/mrs/article/view/6924 |