SATISFACTION OF HYPERTENSION PATIENTS REVIEWED FROM DIMENSION ASSURANCE AT COMMUNITY HEALTH CENTER

NERISSA NASRIZA (2019) SATISFACTION OF HYPERTENSION PATIENTS REVIEWED FROM DIMENSION ASSURANCE AT COMMUNITY HEALTH CENTER , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan merupakan cerminan dari kualitas pelayanan yang

diberikan. Kualitas pelayanan Jaminan asuransi meliputi pengetahuan, kemampuan, keramahan,

kesopanan, dan sifat dapat dipercaya. Bila Assurance tidak diterapkan dengan baik maka akan

menimbulkan masalah sehingga dapat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian

untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Assurance terhadap kepuasan pasien Hipertensi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian deskriptif. Sampel pada

penelitian ini yaitu 4 pasien Hipertensi dan 2 tenaga kesehatan dengan total jumlah 6 orang

informan. Hasil wawancara mendalam Indepth Interview menunjukkan terdapat hubungan kejelasan

informasi, keramah-tamahan dan tuntas dalam pelayanan terhadap kepuasan pasien hipertensi di

Community Health Center Bestari.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 8
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit),
NOMOR ISSN/ISBN 2541-6715
LAMAN PENERBIT (URL) http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs
LAMAN ARTIKEL (URL) http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs/article/view/6921/pdf_104