DIKSI ANTOLOGI CERITA PENDEK SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP SWASTA MAITREYAWIRA KISARAN

LEE YEN (2023) DIKSI ANTOLOGI CERITA PENDEK SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP SWASTA MAITREYAWIRA KISARAN , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian karya sastra ini bertujuan untuk menemukan hasil analisis diksi antologi cerita 

pendek Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna serta menemukan relevansinya dengan 

pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Maitreyawira Kisaran. Metode penelitian ini 

adalah kualitatif. Data di dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, atau wacana yang 

terdapat di dalam Antologi Cerita Pendek Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna. 

Sumber data berupa Antologi Cerita Pendek “Sampan Zulaiha” karya Hasan Al-Banna. 

Teknik pengumpulan data dengan cara pencatatan dokumen yang berasal dari kata atau 

kalimat di dalam karya sastra. teknik analisis interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian 

data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap pra-penelitian, 

persiapan, dan pelaksanaan. Hasil penelitian ditemukan Diksi pengarang tidak hanya 

dalam bentuk pengasosiasian, tetapi juga berasal dari penganalogian suatu hal. Diksi 

pengarang dalam antologi cerpen ini bersifat impresif, ekspresif, estetis, lugas, dan 

kedaerahan, serta menimbulkan emosional pembaca.Analisis diksi antologi cerpen 

Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa 

Indonesia kelas IX SMP dalam bentuk materi yang diajarkan sesuai dengan analisis yang 

dilakukan. Selain itu, analisis diksi dapat menjadi contoh bagi siswa dalam melakukan 

analisis penggunaan bahasa pengarang dalam buku fiksi. Antologi cerpen ini juga dapat 

menjadi bahan ajar berupa bahan bacaan siswa dalam topik “Mengidentifikasi Unsur 

Pembangun Karya Sastra dalam Teks Cerita Pendek yang Dibaca atau Didengar” dan 

“Mengidentifikasi Bagian Isi yang Akan Ditanggapi, Penggunaan Bahasa, Unsur Intrisik 

Cerita, dan Bagian-Bagian Buku Fiksi”.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2023
VOLUME JURNAL 9
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT Universitas Majalengka
NOMOR ISSN/ISBN 2548-6756
LAMAN PENERBIT (URL) http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio
LAMAN ARTIKEL (URL) http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio