PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA KELAS X SMK

FEBRIANI ELFRIDA SITUMORANG, RUSDIANI LUMBAN BATU, ILA YOLANDA (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI PADA KELAS X SMK , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

Permasalahan penelitian ini adalah siswa SMK kesulitan mengekspresikan diri melalui kegiatan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara menceritakan kembali isi teks biografi menggunakan metode Numbered Head Together di kelas X SMK. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X TKJ-1 SMK PAB 5 KLAMBIR LIMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan tes pra tindakan. Rata-rata nilai tes pra tindakan siswa 62,5 dituntaskan oleh 4 siswa (18,2%), dan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 70,3 dituntaskan oleh 6 siswa (27,2%). Kemudian rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 81,5, dan sebanyak 19 siswa (86,3%) tuntas. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X SMK.

Kata kunci : Keterampilan berbicara, Numbered Head Together, Teks biografi.

ABSTRACT

The problem in research design is that speaking activities present a challenge for vocational students to express themselves. The goal of this study to enhance students' public communication abilities in class X SMK by having them recount biographical text using the Numbered Head Together method. 22 students from class X TKJ-1 at SMK PAB 5 KLAMBIR LIMA served as the study's subjects. This study was carried out in two cycles as a classroom action research project. The researcher did a pre-action test before taking the action. In cycle I, the average student score was 70.3 and was finished by 6 students (27.2%) whereas the average student score in the pre-action test was 62.5 and was completed by 4 students (18.2%). The average student score in cycle II is 81.5 and up to 19 students (86.3%) finish the exam. The usage of the Numbered Head Together approach can enhance students' speaking abilities while they are retelling the contents of biographical texts of class X SMK pupils, it can be inferred from these data.

Keywords: Speaking skills, Numbered Head Together, Biography Text.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT BASATAKA JURNAL PBSI UNIBA
NOMOR ISSN/ISBN 261-5977
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/196