ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BERSUBSIDI BUDI SUKAMAJU

KRISTINA WIRANDA SIMAMORA, YULI ERVINA SIRAIT, MAHER SIMANUNGKALIT (2022) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BERSUBSIDI BUDI SUKAMAJU , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu mengumpulkan, menganalisis, dan mengajukan data secara objektif mengenai objek penelitian, yaitu analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju. Sedangkan objek penelitiannya adalah berupa kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju, sedangkan objek penelitian berupa kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa. Hasil penelitian diperoleh 1) Kesalahan lafal dalam diskusi kelompok siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju terdapat 34 kesalahan yang disebabkan perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem, 2) Kesalahan diksi (pemilihan kata) dalam diskusi kelompok siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju terdapat 7 kesalahan yang disebabkan pemilihan kata yang kurang tepat dan 3) Kesalahan struktur kalimat dalam diskusi kelompok siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT BASA KATA JURNAL PBSI UNIBA
NOMOR ISSN/ISBN 261-5977
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/issue/view/12