PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SMP NEGERI 31 MEDAN
NATASYA GABRELA BR. SIAHAAN, NOVELINA WIRANDA NAINGGOLAN (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SMP NEGERI 31 MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Kegiatan belajar - mengajar tidak hanya terpaku menggunakan satu metode saja, tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan. Pada penelitian ini membahas tentang manfaat dari penggunaan Picture Mind mapping dalam meningkatan kemampuan siswa menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK), yang menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini juga menggunakan 2 siklus untuk mengetahui perkembangan dari model pembelajaran Picture Mind mapping dalam menulis cerpen, pada siklus I nilai belum memenuhi KKM terlihat pada nilai rata-rata siswa yaitu hanya 48.65. Setelah menerapkan metode Picture Mind mapping pada siklus II sudah terlihat perubahan pada nilai rata-rata siswa yaitu 79.75.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 11 |
NOMOR JURNAL | 4 |
NAMA PENERBIT | KODE : Jurnal Bahasa |
NOMOR ISSN/ISBN | 2301-5411 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/41388 |