EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMP BUDI SETIA PASCA PANDEMI COVID-19

RUT BIDIYANA BR. DEPARI, PERONIKA HARIANJA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMP BUDI SETIA PASCA PANDEMI COVID-19 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik
pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi partisipan pasif, wawancara tidak
terstruktur dan dokumentasi, teknik pengumpulan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian
dan penyimpulan, dan diskusi dengan teman sejawat. Peserta didik dan guru adalah subjek studi.
Efektifitas pembelajaran tidak lepas dari dukungan media online. Pembelajaran sekarang harus
beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu pendidik dan peserta didik harus
mampu mengembangkan media berbasis teknologi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Budi Setia Medan pembelajaran literasi digital pasca
pandemi covid-19 dapat dicapai dengan baik meskipun terdapat beberapa tantangan dan berperan
penting dalam mencapai tujuan pembelajaran dan berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa
pasca pandemi covid 19.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT BASATAKA
NOMOR ISSN/ISBN 2621-5977
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/200