ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KISAH YANG PILU UNTUK KITA YANG RAGU KARYA BOY CANDRA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH
MEISARI BR. SILABAN, VERAWATI SITORUS (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KISAH YANG PILU UNTUK KITA YANG RAGU KARYA BOY CANDRA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
Sastra adalah wujud gagasan seseorang melalui pandangan terhadap lingkungan sosial yang berada di sekelilingnya dengan menggunakan bahasa yang indah. Salah satu bentuk karya sastra adalah novel. Novel Boy Candra dengan judul Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu merupakan salah satu karya sastra yang memiliki pengajaran nilai-nilai pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikkan yang disampaikan dalam Novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Teknik analisis data yang digunakan teknik catat dan teknik baca. asal data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian dalam Novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu yang terdapat di dalamnnya nilai edukasi yaitu nilai moral, sosial, agama, dan budaya. Peneliti menjelaskan nilai edukasi yang dapat di contoh pembaca yang tercermin dari karakter tokoh-tokoh fiksi dari novel tersebut. Nilai edukasi dari novel tersebut mendeskripsikan nilai-nilai yang di manfaatkan untuk melakukan kehidupan personal guna menegakkan sesuatu yang valid untuk berkorelasi dan berinteraksi, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
Kata kunci: Novel, Nilai Pendidikan, Pragmatik.
ABSTRACT
Literature is a form of one's ideas through a view of the social environment around them by using beautiful language. One form of literary work is the novel. Boy Candra's novel with the title The Heartbreaking Story For Those of Us Who Doubt is one of the literary works that teaches educational values. This study aims to describe the educational values conveyed in the novel The Heartbreaking Story for Us Who Doubt. Furthermore, this type of research is a type of qualitative research with a pragmatic approach. The data analysis technique used is note-taking technique and reading technique. The information sources on this observe are number one and secondary information resources.The results of the research in the novel The Heartbreaking Story for Us Who Doubt contained educational values, namely moral, social, religious and cultural values. The researcher explains the educational value that can be emulated by readers as reflected in the fictional characters of the novel. The educational value of the novel describes the values that are used to carry out personal life in order to establish something valid for correlation and interaction, especially in learning Indonesian at school.
Keywords: Novel, Educational Value, Pragmatics.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | Basataka jurnal pbsi uniba |
NOMOR ISSN/ISBN | 261-5977 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/172 |