PENINGKATAN MENGUBAH CERPEN MENJADI NASKAH DRAMA DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN
OKTA MARASI SITANGGANG (2022) PENINGKATAN MENGUBAH CERPEN MENJADI NASKAH DRAMA DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
PENINGKATAN MENGUBAH CERPEN MENJADI NASKAH DRAMA DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN
Okta Marasi Sitanggang1), Maria Marianda Sianturi2), Annisa3, Meriah Kita Deliani4
Email:oktasitanggang98@gmail1.com, mmariandasianturi@gmail.com2,anni83sah@gmail.com4, meriahkitadeliana@poltek-amimedan.ac.id4
Universitas Prima Indonesia1, Universitas Prima Indonesia2,Universitas Prima Indonesia3, Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan4
Mengubah cerpen menjadi naskah drama merupakan salah satu pembelajaran sastra yang ada dalam kurikulum dan harus diajarkan di sekolah menengah pertama. Guru dituntut agar mampu mengembangkan kreatifitas siswa dengan memberikan cerpen dan mengubah menjadi naskah drama. Tujuan penelitian adalah mengetahui hasil serta penerapan media cerpen dengan metode resitasi dalam peningkatan penulisan naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu nilai 75 dengan ketuntasan klasikal 85%.
Hasil penelitian berupa hasil tes kemampuan menulis naskah drama siswa dengan skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65.38% pada kategori sedang dari 26 siswa subjek penelitian, 2 siswa (7,69%) skor kategori rendah, 17 siswa (65,38%) skor kategori sedang sedangkan 7 siswa (26,92%) skor kategori tinggi. Ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 7 siswa kategori meningkat dan 19 siswa kategori tidak meningkat, sehingga hasil pada siklus I masih rendah. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80,96% pada kategori aktif. Dari 26 siswa subjek penelitian, 3 siswa (11,53%) skor kategori rendah, 15 siswa (57,69%) skor kategori sedang sedangkan 8 siswa (30,78%) skor kategori tinggi. Tingkat kemampuan siswa pada siklus II nilai ≥75-100 sebanyak 23 siswa (88,46%), siswa yang memperoleh nilai < 75 sebayak 3 siswa (11,53%). Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan mengubah cerpen menjadi naskah drama mengalami peningkatan dari 7 orang (26,92%) pada Siklus I menjadi 23 orang (88,46%) pada Siklus II. Saran penelitian adalah siswa hendaknya diberikan banyak pelatihan menulis cerpen maupun menulis naskah drama, serta mengubah cerpen menjadi naskah drama ataupun sebaliknya. Kemampuan siswa dalam mengubah cerpen menjadi naskah drama hendaknya lebih ditingkatkan atau dilakukan secara berulang.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | BASATAKA JURNAL PBSI UNIBA |
NOMOR ISSN/ISBN | 261-5977 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/176 |