TINGKAT KEPUASAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA COVID-19 MENGGUNAKAN METODE C4.5
KAREN SHARMA, ARJIT RAM, HAGRI BARUS (2022) TINGKAT KEPUASAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA COVID-19 MENGGUNAKAN METODE C4.5 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
COVID-19 merupakan penyakit yang pertama kali ditemukan di Wuhan,
China dan mengakibatkan pandemi virus corona 2019-2020. Virus ini dapat
menyebabkan infeksi saluran pernapasan seperti flu jika menginfeksi
manusia. Sejak wabah Covid-19 di Indonesia, banyak sektor yang
berdampak buruk, termasuk perusahaan, pendidikan, ekspor dan bidang
lainnya. Indonesia dinyatakan memiliki kasus terkonfirmasi tertinggi di
ASEAN. Dampak karena COVID-19 mungkin buruk dalam dunia
pendidikan, proses belajar mengajar dilakukan secara online, ada kebijakan
dari pemerintah untuk tidak berkumpul di satu tempat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam proses penerapan
pembelajaran daring selama Covid-19. Proses penerapannya menggunakan
algoritma C4.5 dengan menganalisis data kuesioner yang telah disebarkan
kepada 120 mahasiswa Universitas Prima Medan. Kuesioner terdiri dari
10 pertanyaan. Proses analisis kepuasan dianalisis untuk mahasiswa di setiap
program studi yang terdiri dari 9 program studi, analisis untuk setiap
semester dan analisis setiap jawaban dalam satu pernyataan dan analisis
jawaban berdasarkan perbandingan setiap pertanyaan yang diajukan kepada
mahasiswa. hingga terbentuk pohon keputusan untuk memprediksi
Pembelajaran Online Selama Covid -19. Setelah menerapkan algoritma C4.5
dan membandingkan nilai aktual dan nilai prediksi dari pelatihan, hasil yang
diperoleh dari nilai akurasi sebesar 94,74% dan nilai uji yang diperoleh
sebesar 80%.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 6 |
NOMOR JURNAL | 3 |
NAMA PENERBIT | Remik |
NOMOR ISSN/ISBN | 25411330 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/11573 |