ANALISIS DISKON, GRATIS ONGKOS KIRIM DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA _MARKETPLACE_ SHOPEE

EMA SEPTIANI BR TARIGAN, ANISA SILVANI, JIHAN SYAHRENI BR TARIGAN (2022) ANALISIS DISKON, GRATIS ONGKOS KIRIM DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA _MARKETPLACE_ SHOPEE , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Objek pada studi ini ialah masyarakat sekitaran Jl.bunga kemuning No.1 LK-II Medan
Kecamatan Medan Tuntungan yang melakukan Marketplace Shopee. Penelitian
bertujuan guna menelaah dampak yang diperoleh Keputusan Pembelian di Market
Place Shopee oleh Keragaman Produk, Gratis Ongkos, dan Discount secara simultan
dan parsial. Kuantitatif merupakan jenis pendekatan yang digunakan peneliti.
Sedangkan, asosiatif merupakan upaya menganalisis data dalam studi ini. Temuan
studi menjelaskan bahwa Keputusan Pembelian di Market Place Shopee memperoleh
pengaruh oleh Discount yang didukung dengan temuan Ha diterima dan Ho ditolak
dengan adanya nilai sig. 0,003<0,05 berdasarkan ttabel (1,993) < thitung (3,085).
Sedangkan, Keputusan Pembelian di Market Place Shopee memperoleh pengaruh
positif signifikan oleh Gratis Ongkos Kirim karena Ha diterima dan Ho ditolak dengan
adanya nilai sig. 0,000<0,05 berdasarkan ttabel (1,993) < thitung (7,139). Di lain pihak,
Keputusan Pembelian di Market Place Shopee memperoleh pengaruh positif signifikan
oleh Keragaman Produk menurut Ha diterima dan Ho ditolak dengan adanya nilai sig.
0,001<0,05 berdasarkan ttabel (1,993) < thitung (3,578. ). Peneliti juga menemukan bahwa
Keputusan Pembelian di Market Place Shopee memperoleh pengaruh oleh Keragaman
Produk, Gratis Ongkos, dan Discount secara simultan. Sedangkan, terdapat Ha diterima
dan Ho ditolak dengan sig. < 0.05 dalam Ftabel (2,73) < Fhitung (109,178). Selanjutnya,
terdapat Keputusan Pembelian dapat
dideskripsikan melalui Keragaman Produk, Gratis
Ongkos Kirim, dan Diskon sebanyak 81.2% atau 0.812 dari nilai
Adjusted R Square.
Sedangkan, terdapat variabel
lain seperti kualitas layanan, harga, dan promosi sebagai
aspek yang tidak diteliti sebesar 18.8% yang dapat menjelaskan Keputusan Pembelian.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 11
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Sean institute
NOMOR ISSN/ISBN 2301628027219879
LAMAN PENERBIT (URL) https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/issue/view/34