PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 PANCURBATU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
OKTAVIA JULYANA DAMANIK (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 PANCURBATU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI
Octavia Juliana Damanik1, Sadieli Telaubanua2, Ramadhan Saleh3
Universitas Prima Indonesia
oktaviajulyana@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 pancurbatu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari kriteria ini Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 63,8 dan KKK siswa yang tuntas 20% (5 siswa) dan yang tidak tuntas 80% (20 siswa). Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah skor rata-rata 83,4 dan KKK siswa yang tuntas 88% (22 siswa) dan yang tidak tuntas 12% ( 3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negri 3 Pancurbatu.
Kata kunci : Menulis Teks laporan, inkuiri siswa SMP
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 2 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | UHAMKA |
NOMOR ISSN/ISBN | 2654-4199 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://imajeri.uhamka.ac.id |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://imajeri.uhamka.ac.id/imj/authorDashboard/submission/44 |