PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 PANCURBATU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

OKTAVIA JULYANA DAMANIK (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 PANCURBATU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI

Octavia Juliana Damanik1, Sadieli Telaubanua2, Ramadhan Saleh3

Universitas Prima Indonesia

oktaviajulyana@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 pancurbatu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari kriteria ini Penggunaan model pembelajaran inkuiri  setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks  laporan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 63,8 dan KKK siswa yang tuntas 20%  (5 siswa) dan yang  tidak  tuntas 80%  (20 siswa). Penggunaan model pembelajaran  inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah  skor rata-rata 83,4 dan KKK siswa yang tuntas 88% (22 siswa) dan yang tidak tuntas 12% ( 3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri  berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negri 3 Pancurbatu.

Kata kunci : Menulis Teks laporan, inkuiri siswa SMP

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT UHAMKA
NOMOR ISSN/ISBN 2654-4199
LAMAN PENERBIT (URL) https://imajeri.uhamka.ac.id
LAMAN ARTIKEL (URL) https://imajeri.uhamka.ac.id/imj/authorDashboard/submission/44