PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID
MUHAMMAD DANIL HARAHAP, DAVID CALEB MELIALA (2022) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya persaingan antara produk lama dan munculnya berbagai produk baru yang dibangkitkan. Persaingan pasar khususnya pada kategori ponsel. Mengingat Ponsel adalah kebutuhan yang mustahil saat ini terpisah dari kehidupan sehari-hari masyarakat, menyebabkan persaingan yang semakin ketat antar produk ponsel agar dapat menarik Perhatian konsumen untuk mau menggunakan produk ponsel Android. Tujuan dalam penelitian, ini untuk mengetahui kualitas produk, harga, dan promosi. dalam keputusan pembelian.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Metode dalam pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Metode analisis adalah regresi linear berganda dengan pengujian asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearisitas dan heteroskedastisitas. Melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik Purposive sampling terhadap 40 orang responden yang menggunakan handphone android. Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia.
Nilai probabilitas Fhitung 138.403 (sig.) di atas adalah 0,000 < dari tingkat signifikansi 0,05 (0,000 < 0.05). Sehingga dapat dikatakan bahwa Variabel harga, kualitas produk, dan promosi secara simultan (uji f) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Secara pasrsial (uji t) Nilai thitung untuk X1 (2,063 > 2,026) dan sedangkan untuk nilai dari signifikansinya ialah (0,046 < 0,05), dengan demikian harga memberikan proporsi pengaruh secara signifikan pada keputusan pembelian smartphone android. Untuk nilai thitung untuk X2 (4,825 > 2,026) dan Sig (0,00 < 0,05), dengan demikian kualitas produk memberikan proporsi pengaruh secara signifikan pada keputusan pembelian smartphone android. Untuk nilai thitung untuk X3 (14.410 > 2,026) dan Sig (0,00 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi , nilai R.Square yang besarnya 0,920 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 95,9%. Artinya harga, kualitas produk dan promosi memiliki pengaruh sebesar 95,9 %. Sedangkan sisanya 4,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Katakunci:Harga,Kualitas produk, promosi dan Keputusan pembelian
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 7 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Haqiqi Rafsanjani, M.SEI |
NOMOR ISSN/ISBN | 2580-5800 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/13585 |