HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUANGAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT ROYAL PRIMA MEDAN
ALWAN MUHAJID HASIBUAN, CLAUDIA DEBORA BR BANGUN, ELSA ROSARIO SINAGA (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUANGAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT ROYAL PRIMA MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Pelayanan rumah sakit merupakan kebutuhan masyarakat yang perlu ditingkatkan sehingga dapat memuaskan pasien dan pengunjung. Kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Royal Prima Medan khususnya diruangan poliklinik penyakit dalam pada bulan juni-juli 2021 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam di rumah sakit Royal Prima Medan. Jenis penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel 96 responden dengan pengambilan sampel secara random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan kepuasan rawat jalan pasien poliklinik penyakit dalam adalah bukti fisik (p-value=0,204) kehandalan (p-value=0,228) dan faktor-faktor yang berhubungan adalah daya tanggap (p-value=0,000) jaminan (p-value=0,000) dan empati (p-value=0,009). Kesimpulan yang diperoleh adalah tidak ada hubungan bukti fisik dan kehandalan terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam dan ada hubungan daya tanggap,jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam. Diharapkan bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan pelayanan dan prasarana di dalam lingkungan rumah sakit dan mampu mempertahankan kualitas daya tanggap,jaminan dan empati.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 6 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Kesmas Prima Indonesia |
NOMOR ISSN/ISBN | 2721110X |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JKPI |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JKPI/article/view/3369/2168 |