PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENULIS PUISI DI SMP NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2021/2022
FENNY TRIANI SIMATUPANG, KIM HEEJI (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENULIS PUISI DI SMP NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2021/2022 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah siswa dalam proses dan hasil peningkatan belajar menulis puisi melalui penerapan metode Field Trip. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Pangururan. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan tes, observasi wawancara angket dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis, peneliti menemukan bahwa permasalahan tersebut adalah kurangnya motivasi dalam belajar menulis puisi, siswa kurang mampu mengembangkan ide dan kosa kata yang dimiliki, minimnya minat siswa dalam menulis, siswa kesulitan dalam menentukan tema, gaya bahasa dan imajinasi yang disebabkan kurangnya teknik, pola, metode dan pendekatan pembelajaran yang masih sederhana.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 4 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | BIP JURNAL BAHASA INDONESIA PRIMA |
NOMOR ISSN/ISBN | 2648-6780 2088-365X |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/issue/view/178 |
LAMAN ARTIKEL (URL) | http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/article/view/2708 |