PENINGKATAN RETENSI PERAWAT BERDASARKAN PENDEKATAN INTERNAL SERVICE QUALITY DI RSUD BATU BARA TAHUN 2021

GLORIO IAS NATANAEL (2022) PENINGKATAN RETENSI PERAWAT BERDASARKAN PENDEKATAN INTERNAL SERVICE QUALITY DI RSUD BATU BARA TAHUN 2021 , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Salah satu permasalahan dalam manajemen sumber daya manusia adalah keinginan untuk keluar (turnover intentions) yang dapat berujung pada keputusan perawat untuk keluar dari pekerjaannya. Salah satu cara bagi perawat untuk tinggal di rumah sakit adalah dengan meningkatkan retensi karyawan. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi sebagai upaya peningkatan retensi karyawan berdasarkan pendekatan kualitas pelayanan internal di RS Batu Bara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di RS Batu Bara pada bulan September 2020 sampai dengan Maret 2022. Populasi penelitian yang digunakan adalah perawat yang aktif bekerja di RS Batu Bara yang berjumlah 105 orang dengan jumlah sampel 105 responden. Uji regresi linier dan uji regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel terikat dan variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kerjasama dan variabel konflik peran tidak berpengaruh terhadap peningkatan retensi perawat, dan variabel kesesuaian pekerjaan, kesesuaian teknologi, kemampuan pengendalian diri, sistem pengawasan, dan ambiguitas peran berpengaruh terhadap peningkatan retensi perawat pada RSUD Batubara. Dalam penelitian ini secara bersama-sama variabel bebas mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat dengan besar pengaruh sebesar 95,9%. Saran untuk pihak RSUD Batu Bara sebaiknya lebih mempererat hubungan antar perawat dengan mengadakan pertemuan rutin,

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT International Journal of Health and Pharmaceutical (IJHP)
NOMOR ISSN/ISBN 2808-845X
LAMAN PENERBIT (URL) http://ijhp.net/index.php/IJHP
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ijhp.net/index.php/IJHP/article/view/114