PENGARUH LINGKUNGAN TOKO DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, TBK HYPERMART SUN PLAZA MEDAN
RIO IMELDA SIMBOLON, WIRTA LESTARI GEA, HERNI SAFIRA SETIADI (2019) PENGARUH LINGKUNGAN TOKO DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, TBK HYPERMART SUN PLAZA MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan toko dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan. Peneliti melakukan penelitian pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan yang beralamat di Jalan KH. Zainul Arifin No. 7 Medan Polonia. Peneliti merencanakan kegiatan penelitian pada bulan April 2019 – September 2019. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian pelanggan PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan adalah sebanyak 1000 orang pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian pelanggan yang melakukan pembelian di PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan yang berjumlah 1000 orang pelanggan, dimana untuk pengujian validitas dan reliabilitas digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 30 orang pelanggan dan sisanya adalah 286 orang pelanggan sebagai uji sampel. Sebelum model regresi yang diperoleh digunakan untuk menguji hipotesis, terlebih dahulu model tersebut di uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik yang digunakan meliputi: uji normalitas, uji multikolenieritas, dan uji heteroskedestisitas. Model analisis data ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian sekaligus menjadi kesimpulan penelitian adalah lingkungan toko sebesar 3,048 dengan nilai signifikan 0,003 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan. Promosi sebesar 4,037 dengan nilai signifikan 0,000 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart) Sun Plaza Medan.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 9 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Socio Secretum |
NOMOR ISSN/ISBN | 22529179 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://jurnal.darmaagung.ac.id./index.php/socio |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socio/article/view/213 |