PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEDISIPLINAN PADA SISWA PERGURUAN SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN

JESLIN (2019) PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEDISIPLINAN PADA SISWA PERGURUAN SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI dan XII Perguruan Setia Budi Abadi Perbaungan sebanyak 123 orang. Data diperoleh dari hasil nilai rapor dari setiap subjek untuk mengukur prestasi belajar dan data dari skala untuk mengukur kedisiplinan. Teknik analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah teknik korelasi Spearman Rho melalui bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebasar 0,688 (p<0,05). Ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
NOMOR ISSN/ISBN 26223740
LAMAN PENERBIT (URL) https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/48/0