CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA BODHICITA MEDAN.
VELDA (2019) CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA BODHICITA MEDAN. , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara traits kepribadian conscientiousness dengan cyberbullying. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara traits kepribadian conscientiousness dengan cyberbullying. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Bodhicita Medan yang berjumlah 119 orang. Data diperoleh dari skala untuk mengukur traits kepribadian conscientiousness dan cyberbullying. Perhitungan dilakukan dengan melakukan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0.575 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel traits kepribadian conscientiousness terhadap cyberbullying sebesar 33.1 persen, selebihnya 66.9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara traits kepribadian conscientiousness dengan cyberbullying dapat diterima.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 2 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) |
NOMOR ISSN/ISBN | 26223740 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jhess |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/54 |