PENGARUH RISIKO BISNIS,PROFITABILITAS,PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN SALES GROWTH TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI (CONSUMER GOODS) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (2016-2020)

VERONIKA ROMA ULI BR SAGALA, NENNY SIMBOLON (2022) PENGARUH RISIKO BISNIS,PROFITABILITAS,PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN SALES GROWTH TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR BARANG KONSUMSI (CONSUMER GOODS) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (2016-2020) , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh Risiko Bisnis, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Sales Growth terhadap Struktur Modal. Populasi penelitian ini adalah 73 perusahaan sektor Barang Konsumsi dan hanya 27 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Risiko Bisnis, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Sales Growth berpengaruh dan signifikan terhadap Struktur Modal. Secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Struktur Modal. Sedangkan Risiko Bisnis, Pertumbuhan Perusahaan dan Sales Growth pada perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2020. Nilai Koefisien Determinasi (R2) nilai R Square sebesar 0,147 dengan tingkat 14,7 persen. Jadi, pengaruh Risiko Bisnis, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Sales Growth terhadap Struktur Modal sebesar 14,7 persen. Sisanya 85,3 persen di pengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Abstrack

This study aims to explain the effect of Business Risk, Profitability, Company Growth and Sales Growth on Capital Structure. The population of this research is 73 companies in the consumer goods sector and only 27 companies that meet the criteria using the purposive sampling technique. This study uses secondary data with classical assumption test and multiple regression analysis. The results showed that simultaneously Business Risk, Profitability, Company Growth and Sales Growth had a significant and significant effect on Capital Structure. partially and significantly influence the Capital Structure. Meanwhile, Business Risk, Company Growth and Sales Growth. Company Growth and Sales Growth at Consumer Goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2016-2020 period. The value of the coefficient of determination (R2) has an R Square value of 0.147 with a level of 14.7 percent. So, the effect of Business Risk, Profitability, Company Growth and Sales Growth on Capital Structure is 14.7 percent. The remaining 85.3 percent is influenced by other variables not examined in this study.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT MSEJ (Management Studies and Entrepreneurship Journal)
NOMOR ISSN/ISBN 27157911
LAMAN PENERBIT (URL) https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/627