PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN OFFLINE-ONLINE-BLENDED MENGGUNAKAN ALGORITMA HIERARCHICAL CLUSTERING
DARWIS BANJARNAHOR, PUTRI DIANA BR. SITANGGANG, TONI PERDANA SITOMPUL, RICKI EKO HASUDUNGAN HUTAURUK, NOVITASARI HUTAGALUNG (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN OFFLINE-ONLINE-BLENDED MENGGUNAKAN ALGORITMA HIERARCHICAL CLUSTERING , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Pandemi yang terjadi membuat seluruh dunia menerima dampak negative yang dihasilkan, terutama dalam dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini, maka metode pembelajaran pun semakin berkembang. Permasalahan yang dihadapi pihak sekolah adalah kurang bisa menentukan model pembelajaran mana yang paling efektif agar dapat mengembang metode pembelajaran yang lebih baik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbandingan model pembelajaran offline, online dan blended untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif berdasarkan nilai mata pelajaran hasil belajar siswa menggunakan algoritma hierarchial clustering. Hasil penelitian mendapatkan bahwa hasil pembelajaran blended merupakan pembelajaran yang paling dimengerti oleh siswa dibandingkan model pembelajaran offline dan online yang dilihat dari hasil jumlah cluster nilai rata-rata siswa dalam kategori baik sebanyak 290 siswa dan mengalami penurunan menjadi 219 siswa dan kenaikan yang drastis sebanyak 362 siswa pada saat penerapan pembelajaran blended. Sedangkan Mata pelajaran yang dapat dipahami oleh siswa dengan penerapan model pembelajaran offline, online dan blended adalah mata pelajaran Agama, Matematika dan IPA.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 10 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | Jurnal Infokum |
NOMOR ISSN/ISBN | 23029706 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/article/view/518 |