EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP SWASTA MASEHI 2021/2022 BERASTAGI

GRACE HANNA MARINA TARIGAN (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP SWASTA MASEHI 2021/2022 BERASTAGI , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Mutu pendidikan sangat banyak dipengaruhi faktor, dimana salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah kualitas pembelajaran di sekolah dan dapat dilihat dari peningkatan nilai. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran di kelas untuk membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan serta dapat meningkatkan nilai siswa. Penggunaan media pembelajaran menulis pantun dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7 siswa SMP Swasta Masehi Berastagi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian regresi linier sederhana menghasilkan nilai signifikansi uji t sebesar 0,071 kurang dari 0,1 dan t koefisien regresi bertanda positif artinya semakin sering penggunaan media pembelajaran interaktif motivasi belajar siswa akan semakin meningkat . Perbedaan nilai yang signifikan antara sebelum penggunaan media pembelajaran interaktif dengan setelah penggunaan media pembelajaran power point interaktif . Dapat dilihat dari hasil pengujian beda rata-rata sampel berpasangan menghasilkan nilai sig sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Nilai sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan nilai sebelum menggunakan media pembelajaran power point interaktif.. Saran bagi penelitian selanjutnya agar menambahkan vaiabel lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi media belajar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa hanya sebesar 3,8 persen. Saran bagi guru agar menggunakan media pemebelajaran inetraktif sebagai sarana untuk penyampaian materi ke siswa, karena terbukti bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan nilai dan motivasi siswa dalam belajar. 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 4
NAMA PENERBIT Universitas Malikussaleh
NOMOR ISSN/ISBN 2774-5406
LAMAN PENERBIT (URL) https://ijersc.org/index.php/go
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ijersc.org/index.php/go/article/view/367