STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN DI RS ROYAL PRIMA

ANNISA SORAYA (2022) STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN RAWAT JALAN DI RS ROYAL PRIMA , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Kompetisi dalam bisnis rumah sakit yang sehat, terletak pada bagaimana cara mempertahankan kepercayaan pasien sebagai konsumen atau bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan kepada calon pasien sebagai konsumen agar mau berobat di rumah sakit tersebutIntegrated Marketing Communication (IMC) berpotensi besar dalam mempengaruhi kinerja bisnis, untuk memberikan keunggulan kompetitif pada rumah sakitPenelitian ini bertujuan untuk membuat sebuahstrategi untuk membuat sebuah strategi IntegratedMarketing Communication dalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Prima. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di RS Royal Prima.Informan penelitian yaitu 1 orang Kepala Instalasi rawat jalan, 3 orang Tenaga Medis, 3 orang pasien lama, 3 orang pasien baruData dikumpulkan denganFGDkuesioner, observasiHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi advertising sebagaibagian dalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Prima telah dilakukan oleh bagian marketing baik dengan media cetak dan media elektonik, strategi personal selling sebagai bagiandalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Prima belum terlaksana secaroptiml, strategi public relation sebagai bagian dalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Prima telah dilaksanakan dengan baik, strategi direct marketing sebagai bagian dalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Prima secara tertulis sudah baik namunpenyampaian secara lisan belum optimal, strategi word of mouth sebagai bagian dalam rangka peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan di RS Royal Primasecata tulisan sudah baik namun pelaksanaan secarlisan belum terlaksana dengan baik. Hasil penelitian ini menyarankan agar Pihak rumah sakit melakukan evaluasi terhadap strategi Integrated MarketingCommunicationi sehingga dapat melakukan pelatihan kepada seluruh petugas.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional Bereputasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT International Journal of Health and Pharmaceutical
NOMOR ISSN/ISBN 27745406
LAMAN PENERBIT (URL) https://ijhp.net/
LAMAN ARTIKEL (URL) https://www.ijhp.net/index.php/IJHP/article/view/177