ANALISIS YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT KOLONEL ABUNJANI BANGKO TAHUN 2019

JUANG ABDI ELIEZER DAKHI (2022) ANALISIS YANG MEMPENGARUHI MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT KOLONEL ABUNJANI BANGKO TAHUN 2019 , TESIS, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Implementasi layanan kesehatan rumah sakit di Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Peningkatan kualitas rumah sakit harus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat, disertai dengan peningkatan efisiensi dan produktivitas di bidang manajemen, sesuai dengan standar layanan minimum rumah sakit, standar profesional, dan standar prosedur operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, keterampilan, perilaku, pendidikan, pengalaman, dan motivasi perawat dengan kualitas layanan keperawatan di Rumah Sakit Kolonel Abunjani Bangko pada tahun 2019. Penelitian analitik observasional ini menggunakan desain Cross Sectional. Uji statistik chi square dan regresi logistik berganda digunakan untuk menganalisis data. Populasi dan ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 92 perawat di mana pengumpulan data diambil dari hasil kuesioner. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan, keterampilan, perilaku, pendidikan, pengalaman, dan motivasi dengan kualitas layanan keperawatan di Rumah Sakit Kolonel Abunjani Bangko pada tahun 2019. Hasil analisis multivariat menunjukkan pengalaman itu adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kualitas layanan. Kesimpulan yang diperoleh adalah pengaruh pengetahuan, keterampilan, perilaku, pendidikan, pengalaman, dan motivasi perawat dengan kualitas layanan keperawatan di Rumah Sakit Kolonel Abunjani Bangko pada tahun 2019. Disarankan ke rumah sakit, untuk terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perilaku, pendidikan, pengalaman, dan motivasi berkelanjutan. Dengan meningkatkan kompetensi dan kinerja berkelanjutan, kelemahan dan kekuatan perawat dapat diketahui. Dengan demikian, kompetensi perawat yang baik dapat memberikan kepuasan kepada pasien dan memberikan promosi pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kinerja perawat sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT JUANG ABDI ELIEZER DAKHI
NOMOR ISSN/ISBN 2774-5406
LAMAN PENERBIT (URL) https://ijhp.net
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ijhp.net/index.php/IJHP/article/view/152