PENGARUH PERSEPSI, MINAT BELI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK FINANSIAL PADA APLIKASI PINJAMAN ONLINE DI KOTA MEDAN
CINDY ESTHER SINAGA, SYAHLIDA JUMIYANTI NABABAN (2022) PENGARUH PERSEPSI, MINAT BELI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK FINANSIAL PADA APLIKASI PINJAMAN ONLINE DI KOTA MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Riset ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari persepsi, minat beli dan kepercayaan terhadap pembelian produk keuangan di aplikasi kredit online yang terdapat di Kota Medan. Metode yang dipakai yaitu metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni pelanggan pada pengguna aplikasi kredit online sebanyak 36.522 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu memakai rumus slovin sebesar 100 responden. Hasil yang didapatkan secara parsial didapatkan suatu nilai persepsi memiliki nilai thitung 5,477 > ttabel 1,661 hal tersebut jika persepsi memberi pengaruh yang sebesar juga signifikan terhadap pembelian produk finansial pada aplikasi kredit online. Minat beli memiliki nilai thitung -0,749 < 1,661 yang memiliki arti minat beli tidak memberi pengaruh yang positif jugasignifikan terhadap pembelian produk finansial pada aplikasi pinjaman online sedangkan kepercayaan mempunyai nilai thitung 6,688 > ttabel 1,661 hal tersebut memperlihatkan jika kepercayaan memiliki pengaruh yang positif juga signifikan terhadap pembelian produk finansial pada aplikasi pinjaman online. Sementara secara simultan nilai Fhitung sebanyak 186,623 > Ftabel sebanyak 2,14 serta memiliki nilai sig 0,000 < 0,10 yang berarti pengaruh persepsi, minat beli dan kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk finansial pada aplikasi pinjaman di Kota Medan.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 3 |
NOMOR JURNAL | 3 |
NAMA PENERBIT | Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) |
NOMOR ISSN/ISBN | 12731284 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/572/463 |