PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI PEMUTARAN AUDIOVISUAL NOVEL PEMBELAJARAN

MIKHA THERESIA APRILIANI S, ASIMA DORMAULI SIMATUPANG, NOVRI A. PANGGABEAN (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MELALUI PEMUTARAN AUDIOVISUAL NOVEL PEMBELAJARAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa di SMP Cendramata Medan dengan menggunakan pembelajaran audiovisual novel. Populasi penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Data yang dianalisis secara kualitatif akan menggambarkan kualitas keterampilan menyimak siswa PTK. Penelitian ini juga menguji hipotesis yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui signifikansi peningkatan keterampilan mendengarkan siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keterampilan mendengarkan siswa dapat dioptimalkan melalui pemutaran audiovisual. Terlihat bahwa 80% siswa mampu mensintesis alur cerita dalam novel. Ketuntasan hasil belajar juga sudah mencapai 86,7% pada siklus 2 dengan skor rata-rata 79,33. Peningkatan hasil belajar yang diperoleh juga signifikan yaitu sig < yang diterima Ha yaitu terdapat perbedaan nilai siswa antar siklus. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa pada siklus 1 terdapat 11 siswa yang nilainya meningkat pada siklus 2 dan hanya 4 siswa yang nilainya tetap. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan keterampilan mendengarkan melalui bermain novel pembelajaran audiovisual.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Internasional
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT RIELS Journal
NOMOR ISSN/ISBN 2723-2433
LAMAN PENERBIT (URL) https://doi.org/10.47175/rielsj.v3i1.404
LAMAN ARTIKEL (URL) https://doi.org/10.47175/rielsj.v3i1.404