KONSELING CBT DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SILIMA PUNGGAPUNGGA
ELIDA AFRILIA SITORUS, WINTRYNAVRI YANTI PURBA, MISCA JESIKAPINA BR SEBAYANG, ESLINA SAGALA (2021) KONSELING CBT DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SILIMA PUNGGAPUNGGA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap peningkatan efikasi diri belajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Silima Punggapungga sebanyak 75 siswa. Metode yang digunakan dalam penilaian ini adalah metode Pre-Experimental design dengan model one group pretest-posttest. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan Konseling CBT dengan teknik Cognitive Restructuring. Pembelajaran efikasi diri pada siswa akan meningkat setelah diberikan konseling CBT dengan teknik Cognitive Restructuring. Hasil analisis data menggunakan uji T berpasangan diperoleh nilai korelasi (r) antara sebelum dan sesudah dilakukan konseling CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif adalah 0. Kesimpulannya adalah bahwa konseling CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif berpengaruh terhadap peningkatan efikasi diri belajar pada siswa SMP Negeri 2 Silima Punggapungga.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Internasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 4 |
NOMOR JURNAL | 4 |
NAMA PENERBIT | Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) |
NOMOR ISSN/ISBN | 26153076 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://www.bircu-journal.com/index.php/birci |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3379 |