ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BENIH KELAPA SAWIT BERSERTIFIKAT (STUDI KASUS: DESA LUBUK JAWI KABUPATEN ROKAN HILIR, RIAU)

FENI DITA AZHARI (2022) ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BENIH KELAPA SAWIT BERSERTIFIKAT (STUDI KASUS: DESA LUBUK JAWI KABUPATEN ROKAN HILIR, RIAU) , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Perkebunan tanaman kelapa sawit merupakan sumber penghasilan utama dari sebagian besar masyarakat Desa Lubuk Jawi. Namun penggunaan benih yang tidak tepat menyebabkan produktifitas kelapa sawit yang ditanam  tidak maksimal bahkan tidak menghasilkan sama sekali. Banyak petani yang masih menolak untuk menggunakan benih bersertifikat dan tetap menggunakan benih liar meskipun sudah mengetahui resiko akan gagal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kepuasan dan  loyalitas konsumen terhadap penggunaan benih kelapa sawit. Melalui kepuasan dan loyalitas petani dalam menggunakan benih kelapa sawit diharapkan produsen maupun pemerintah mengetahui gambaran terhadap keinginan petani dalam penggunaan benih kelapa sawit. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 95 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Piramida Loyalitas. Kepuasan dianalisis dengan menggunakan Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfied Index (CSI). Sedangkan loyalitas konsumen dianalisis dengan menggunakan piramida loyalitas Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2021.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 4
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Jurnal Agriuma
NOMOR ISSN/ISBN 2657 - 1730
LAMAN PENERBIT (URL) http://ojs.uma.ac.id/index.php/agriuma
LAMAN ARTIKEL (URL) http://ojs.uma.ac.id/index.php/agriuma/article/view/7177