ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN ALFAMART DAN MAJU BERSAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFATION INDEKS DAN SERVICE QUALITY

JOHAN TANARO , RUDI YANTO (2021) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN ALFAMART DAN MAJU BERSAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFATION INDEKS DAN SERVICE QUALITY , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

Johan Tanaro. NPM 183303040003. Rudi Yanto. NPM 183303040020.

“Perbandingan Kepuasan Pelayanan Pelanggan Maju Bersama Dengan 

Menggunakan Metode Customer Satisfaction Indeks (Csi) Dan Service Quality

(Sq)” Dibimbing oleh Putra Edi Mujahid, S.T.,M.M.S.I.

Saat ini persaingan bisnis ritel di Indonesia sangat ketat, terbukti dengan 

menjamurnya ritel-ritel yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia baik yang 

bersifat lokal, nasional maupun Internasional. Hampir disetiap wilayah Indonesia 

kita dapat dengan mudah menemukan ritel-ritel yang berada disekitar kita baik itu 

ritel tradisional maupun ritel modern. Untuk memberikan kepuasan terhadap 

pelanggan, perusahaan harus dapat menjual barang atau jasa dengan kualitas yang 

terbaik, harga yang layak dan peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini 

dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner dan dilakukan perhitungan dengan 

metode Customer Satisfaction Indeks (Csi) yang bertujuan untuk mengetahui 

tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dan kemudian dilakukan 

perhitungan Service Quality (Sq) untuk mengetahui nilai GAP atau kesenjangan 

persepsi dan ekspektasi pelanggan. Dari hasil perhitungan menggunakan metode 

Customer Satisfaction Indeks (Csi) Maju Bersama mendapatkan skor sebesar 

90,74% yang artinya pelanggan sudah sangat puas dengan pelayanan Maju 

Bersama dan harus terus di pertahankan dan ditingkatkan untuk alfamart 

mendapatkan skor sebesar 78,32% menunjukan bahwa tingkat kepuasan 

pelanggan Alfamart secara umum berada pada kategori puas yang berarti masih 

ada satu lagi tingkatan yaitu rentang 81 sampai dengan 100. Jadi dapat dikatakan 

bahwa kinerja dari alfamart sudah bagus, akan tetapi pihak alfamart harus tetap 

meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada atribut yang nilai pelayananya 

kurang memuaskan dan dapat mempertahankan atau meningkatkan atribut yang 

sangat penting dan sangat memuaskan supaya dapat meningkatkan kepuasan 

terhadap pelayanan Alfamart.

Kata Kunci : Ritel, Customer Satisfaction Indeks, dan Service Quality

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 3
NAMA PENERBIT The IJICS (International Journal of Informatics and Computer Science)
NOMOR ISSN/ISBN 25488384
LAMAN PENERBIT (URL) https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/article/view/3454