ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN ALFAMART DAN MAJU BERSAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFATION INDEKS DAN SERVICE QUALITY
JOHAN TANARO , RUDI YANTO (2021) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN ALFAMART DAN MAJU BERSAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFATION INDEKS DAN SERVICE QUALITY , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
Johan Tanaro. NPM 183303040003. Rudi Yanto. NPM 183303040020.
“Perbandingan Kepuasan Pelayanan Pelanggan Maju Bersama Dengan
Menggunakan Metode Customer Satisfaction Indeks (Csi) Dan Service Quality
(Sq)” Dibimbing oleh Putra Edi Mujahid, S.T.,M.M.S.I.
Saat ini persaingan bisnis ritel di Indonesia sangat ketat, terbukti dengan
menjamurnya ritel-ritel yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia baik yang
bersifat lokal, nasional maupun Internasional. Hampir disetiap wilayah Indonesia
kita dapat dengan mudah menemukan ritel-ritel yang berada disekitar kita baik itu
ritel tradisional maupun ritel modern. Untuk memberikan kepuasan terhadap
pelanggan, perusahaan harus dapat menjual barang atau jasa dengan kualitas yang
terbaik, harga yang layak dan peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini
dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner dan dilakukan perhitungan dengan
metode Customer Satisfaction Indeks (Csi) yang bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dan kemudian dilakukan
perhitungan Service Quality (Sq) untuk mengetahui nilai GAP atau kesenjangan
persepsi dan ekspektasi pelanggan. Dari hasil perhitungan menggunakan metode
Customer Satisfaction Indeks (Csi) Maju Bersama mendapatkan skor sebesar
90,74% yang artinya pelanggan sudah sangat puas dengan pelayanan Maju
Bersama dan harus terus di pertahankan dan ditingkatkan untuk alfamart
mendapatkan skor sebesar 78,32% menunjukan bahwa tingkat kepuasan
pelanggan Alfamart secara umum berada pada kategori puas yang berarti masih
ada satu lagi tingkatan yaitu rentang 81 sampai dengan 100. Jadi dapat dikatakan
bahwa kinerja dari alfamart sudah bagus, akan tetapi pihak alfamart harus tetap
meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada atribut yang nilai pelayananya
kurang memuaskan dan dapat mempertahankan atau meningkatkan atribut yang
sangat penting dan sangat memuaskan supaya dapat meningkatkan kepuasan
terhadap pelayanan Alfamart.
Kata Kunci : Ritel, Customer Satisfaction Indeks, dan Service Quality
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 3 |
NAMA PENERBIT | The IJICS (International Journal of Informatics and Computer Science) |
NOMOR ISSN/ISBN | 25488384 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/article/view/3454 |