PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA
ISKA HANDAYANI SIREGAR, SIMON SEIMAN LAOWO (2022) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa
dengan menerapkan pembelajaran tatap muka sebelum pandemik dan
pembelajaran daring selama pandemik dengan kemampuan menulis cerita
pendek pada siswa kelas XI di SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
paradigma komparatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan
metode eksperimen dengan melibatkan dua kelompok kelas. Berdasarkan hasil
penjabaran data yang telah diperoleh yaitu hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode pembelajaran tatap muka memiliki rata-rata sebesar
71,64 dengan penyimpangan data sebesar 14,03. Adapun nilai tertinggi dan
terendah siswa masing-masing 90 dan 39. Hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode pembelajaran daring memiliki rata-rata sebesar 56,04
dengan penyimpangan data sebesar 10,63. Adapun nilai tertinggi dan
terendah siswa masing-masing 80 dan 40. Maka, analisis data hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menulis cerpen oleh
siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Nilai siswa
yang diajar dengan metode pembelajaran tatap muka lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode daring. Oleh sebab
itu, metode pembelajaran daring ternyata tidak sama efektifnya dengan
metode tatap muka untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa
rendahnya minat siswa selama pembelajaran daring akibat adanya faktor
eksternal yang memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan lain selama
pembelajaran daring serta hasil angket juga menunjukkan bahwa terdapat
56,94% siswa memberikan respon negatif dan 43,06% menjawab respon
positif. Dengan demikian, hasil analisis data deskriptif dan inferensial yang
telah disimpulkan relevan dengan minat belajar siswa dalam menulis cerpen
yaitu tergolong rendah dikalangan para siswa SMP Swasta Imelda Medan
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 11 |
NOMOR JURNAL | 1 |
NAMA PENERBIT | Asas: Jurnal Sastra |
NOMOR ISSN/ISBN | 2580-894X |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/download/31856/17572 |