PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA

ISKA HANDAYANI SIREGAR, SIMON SEIMAN LAOWO (2022) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa

dengan menerapkan pembelajaran tatap muka sebelum pandemik dan

pembelajaran daring selama pandemik dengan kemampuan menulis cerita

pendek pada siswa kelas XI di SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini

menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan

paradigma komparatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan

metode eksperimen dengan melibatkan dua kelompok kelas. Berdasarkan hasil

penjabaran data yang telah diperoleh yaitu hasil belajar siswa dengan

menggunakan metode pembelajaran tatap muka memiliki rata-rata sebesar

71,64 dengan penyimpangan data sebesar 14,03. Adapun nilai tertinggi dan

terendah siswa masing-masing 90 dan 39. Hasil belajar siswa dengan

menggunakan metode pembelajaran daring memiliki rata-rata sebesar 56,04

dengan penyimpangan data sebesar 10,63. Adapun nilai tertinggi dan

terendah siswa masing-masing 80 dan 40. Maka, analisis data hasil penelitian

menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menulis cerpen oleh

siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Nilai siswa

yang diajar dengan metode pembelajaran tatap muka lebih tinggi

dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode daring. Oleh sebab

itu, metode pembelajaran daring ternyata tidak sama efektifnya dengan

metode tatap muka untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa

rendahnya minat siswa selama pembelajaran daring akibat adanya faktor

eksternal yang memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan lain selama

pembelajaran daring serta hasil angket juga menunjukkan bahwa terdapat

56,94% siswa memberikan respon negatif dan 43,06% menjawab respon

positif. Dengan demikian, hasil analisis data deskriptif dan inferensial yang

telah disimpulkan relevan dengan minat belajar siswa dalam menulis cerpen

yaitu tergolong rendah dikalangan para siswa SMP Swasta Imelda Medan

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2022
VOLUME JURNAL 11
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Asas: Jurnal Sastra
NOMOR ISSN/ISBN 2580-894X
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/download/31856/17572