KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SMA CAHAYA MEDAN
JUNI ERLINA SIMATUPANG (2019) KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SMA CAHAYA MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap 233 orang siswa-siswi SMA Cahaya Medan yang dipilih dengan menggunakan metode disproportionate stratified random sampling dan skala yang digunakan yaitu skala untuk mengukur kepercayaan diri dan kemandirian belajar. Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Adapun analisis data yang dipakai yakni dengan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,665 dengan p sebesar 0.000 (p < 0,05). Sumbangan yang diberikan variabel kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar sebesar 44,2 persen kepercayaan diri mempengaruhi kemandirian belajar dan selebihnya 55,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, konsep diri dan pola asuh demokratis orang tua. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima yakni ada hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2019 |
VOLUME JURNAL | 8 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | Persona: Jurnal Psikologi Indonesia |
NOMOR ISSN/ISBN | 26155168 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/2275 |