REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN DALAM TEKS LAGU BAHASA KARO SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA
RINI BR GINTING, ARLINI M. SITUMORANG, YESSI SITOMPUL (2021) REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN DALAM TEKS LAGU BAHASA KARO SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan keramah tamahannya terhadap sesame
bahkan para wisatawan. Tapi pandangan tersebut semakin lama semakin berkurang. Berbagai
macam kelakuan-kelakuan negatif anak-anak dalam negeri yang menghasilkan pandangan buruk
kepada para wisatawan dalam maupun luar negeri. Oleh sebab itu, sebagai usaha untuk
memulihkan citra tersebut perlu ditanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak-anak dan pelajar.
caranya dengan membahas nilai yang terkandung dalam lagu daerah. Lagu-lagu tersebut tidak
sekedar untuk menghibur namun memberikan pesan dan makna yang mendalam di setiap baitnya.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami maksud dari lagu Karo sebagai upaya
memajukan nilai karakter siswa SMA dan memahami bagaimana penerapan lagu daerah Karo
terhadap nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
interpretatif dengan menggunakan metode analisis dokumen yang terdapat dalam teks lagu Karo.
Untuk mengetahui penanaman nilai pendidikan karakter di SMA, maka sumber data dalam
penelitian ialah lagu daerah Karo. Dalam penelitian ini peneliti mengamati empat dari delapan
belas nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, nilai kejujuran, nilai kepedulian dan yang
terakhir nilai tanggungjawab.
Hasil akhir penelitian ini adalah, menyimpulkan bahwa lagu daerah Karo mengandung
nilai Pendidikan karakter yang dibuat sebagai media untuk mendorong tumbuhnya pendidikan
karakter peserta didik. Dimana di setiap lirik yang dicantumkan peneliti mengandung nilai
Pendidikan karakter untuk dijadikan sebagai cara untuk mengembangkan pendidikan karakter
siswa melalui lagu.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 4 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | BASATAKA |
NOMOR ISSN/ISBN | 26215977 |
LAMAN PENERBIT (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/124 |