PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI SMP PARULIAN 3 MEDAN

GUSLI RIYANTI, BELLA AMRIYANTI SILALAHI, RIBKHA ESTERLINA TARIGAN, IRVAN AS (2019) PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI SMP PARULIAN 3 MEDAN , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku bullying dengan asumsi bahwa semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah perilaku bullying dan begitu pula sebaliknya, semakin rendah konsep diri, maka semakin tinggi perilaku bullyingnya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Parulian 3 Medan berjumlah 200 orang, dan diambil sampelnya berdasarkan tabel Issac dan Michael sebanyak 127 orang. Data diperoleh dari skala untuk mengukur konsep diri dan perilaku bullying Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment (Pearson Correlation) dengan bantuan SPSS 18 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,529 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis data tersebut menunjukkan adanya hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel konsep diri terhadap perilaku bullying sebesar 28,0 persen, selebihnya 72,0 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan perilaku bullying.

 

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 2
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Psychomutiara
NOMOR ISSN/ISBN 26155281
LAMAN PENERBIT (URL) http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/index
LAMAN ARTIKEL (URL) http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/676