PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. BILAH BAJA MAKMUR ABADI

VITTORIO TANJAYA, WILLY (2019) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. BILAH BAJA MAKMUR ABADI , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh saluran distribusi dan personal
sellingterhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Saluran distribusi yang tidak efektif dan tenaga penjual yang tidak berkompetenmerupakan faktor utama atas menurunnya kepuasan pelangganpada PT. Bilah Baja Makmur Abadi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori Manajemen Pemasaran, yang berkaitan dengan saluran distribusi, personal selling dan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif
explanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan PT. Bilah Baja Makmur Abaditahun 2018 yang berjumlah 125 pelanggan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan personal
sellingberpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Dari hasil analisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, dapat dilihat bahwa antara kedua variabel yang dianalisis, maka yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel personal selling. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung masing-masing variabel.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara serempak dan parsial menunjukkan bahwa saluran distribusi dan personal
sellingberpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2019
VOLUME JURNAL 5
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT Jurnal Manajemen Universitas LMII Medan
NOMOR ISSN/ISBN 26151926
LAMAN PENERBIT (URL) http://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm
LAMAN ARTIKEL (URL) http://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/63