THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON STUDENTS’ WRITING CREATIVITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT ABOUT LOCAL TOURISM

EKRINA LIDWINA BR GINTING, FEBRI OKTAVIA MANIK, WULAN SIRINGO-RINGO, HOTLINA SITOHANG (2021) THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON STUDENTS’ WRITING CREATIVITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT ABOUT LOCAL TOURISM , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Akibat pandemi, alternatif terbaik untuk mendukung kegiatan pembelajaran formal adalah pembelajaran online, dan diyakini dapat mempengaruhi kreativitas siswa dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap kreativitas siswa dalam menulis teks deskriptif tentang pariwisata lokal. Metodologi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode true-experimental dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tipe post-test-only control class design. Ada dua kelas dalam desain eksperimen ini, masing-masing dipilih secara acak. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan perbedaan nilai yang signifikan antara kelas yang mendapat perlakuan pembelajaran online (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak (kelas Kontrol), dimana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Jadi,  

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT Journal of Language (JoL)
NOMOR ISSN/ISBN 26858878
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/journaloflanguage/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/journaloflanguage/article/view/4592