ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. JAYA ANUGERAH SUKSES ABADI
VINCENT LEONARDO, WINDY NOVITA SARI, VANESSA KLISE , DEVINNA CHAIRMAN (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. JAYA ANUGERAH SUKSES ABADI , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRICE, PROMOTION DAN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA
PT. JAYA ANUGERAH SUKSES ABADI
Vincent Leonardo1, Vanessa Klise2, Windy Novita Sari3, Devinna Chairman4 dan Muhammad Agung Anggoro5
E-mail: vincentleonardo62@gmail.com Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia Medan
Adapun penelitian ini ditujukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, price, promotion dan brand image terhadap customer loyalty pada PT. Jaya Anugerah Sukses Abadi yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supermarket fasilitas bintang 5. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research. Banyaknya populasi pelanggan tidak diketahui sehingga teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan insidental sampel dengan menggunakan sampel sebanyak 150 responden. Instrumen yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah kuesioner yang terlebih dahulu akan diuji validitas dan reliabilitas selanjutnya akan menguji data sampel yang dikuantitatifkan terlebih dahulu menggunakan regresi berganda. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu secara parsial kualitas pelayanan, promotion dan brand image berpengaruh positif terhadap customer loyalty sedangkan price berpengaruh negatif terhadap customer loyalty. Secara simultan kualitas pelayanan, price, promotion dan brand image berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dengan besarnya angka Adjusted R Square yaitu 21,1% sisanya 78,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Price, Promotion, Brand Image dan Customer Loyalty.
ABSTRACT
This research is intended to examine and analyze the effect of service quality, price, promotion and brand image on customer loyalty at PT. Jaya Anugerah Sukses Abadi which is a company engaged in the supermarket with 5 star facilities. This study uses explanatory research methods. The number of customer populations is unknown so that the sampling technique in this study uses incidental sampling by using a sample of 150 respondents. The instrument used to conduct this research is a questionnaire which will first be tested for validity and reliability then will test the sample data which is quantified first using multiple regression. The findings of this study are partially service quality, promotion and brand image have a positive effect on customer loyalty while price has a negative effect on customer loyalty. Simultaneously the quality of service, price, promotion and brand image have a significant effect on customer loyalty with the amount of Adjusted R Square, which is 21.1%, the remaining 78.9% is influenced by other variables.
Keywords : Service Quality, price, promotion, brand image and customer loyalty
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2021 |
VOLUME JURNAL | 5 |
NOMOR JURNAL | 13781383 |
NAMA PENERBIT | IOCS Publisher |
NOMOR ISSN/ISBN | 26854236 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://iocscience.org/ |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/1569/1097 |