IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN BAGIAN MARKETING DI PT. MEGA PANCA JAYA BUMI
RICKI WAHYUDI, PUTRI SAUMI RAMADHANI, ARDY BUDI UTOMO (2022) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN BAGIAN MARKETING DI PT. MEGA PANCA JAYA BUMI , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
ABSTRAK
Dalam dunia usaha, persaingan menjadi hal yang sudah tidak asing ditemukan oleh para pelaku usaha. Semakin besar usaha dapat bersaing semakin besar pula tantangan yang didapatkan oleh pelaku-pelaku usaha. Salah satunya perusahaan dibidang properti perumahan milik PT. Mega Panca Jaya Bumi. Perusahaan baru berkembang tersebut harusnya sudah memikirkan strategi-strategi dalam memasarkan usahanya. Agar tidak terjadi penurunan peminat juga keuntungan, maka sudah sewajarnya jika strategi-strategi baru tersebut dapat diimplementasikan dalam teknik pengolahan data atau Data Mining yang diharap dapat meningkatkan pemasaran dan jumlah market lebih luas. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier dalam perhitungannya. Data yang diambil dari perusahaan tersebut sebanyak 300 record dari tahun 2019 sampai dengan 2021. Pada penelitian ini proses dari percobaan data tersebut dilakukan dengan menerapkan teknologi bahasa pemrograman python versi 3.8. Hasil dari pengujian data mendapat tingkat akurasi sebesar 56%.
JURNAL
KATEGORI JURNAL | Jurnal Nasional Terakreditasi |
---|---|
TAHUN JURNAL | 2022 |
VOLUME JURNAL | 10 |
NOMOR JURNAL | 2 |
NAMA PENERBIT | INFOKUM |
NOMOR ISSN/ISBN | 23029706 |
LAMAN PENERBIT (URL) | http://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/index |
LAMAN ARTIKEL (URL) | https://infor.seaninstitute.org/index.php/infokum/article/view/457 |