PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENINGKATKAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PENYANDANG TUNARUNGU DI KOTA BINJAI

YOLANDA JESSICA ELISABET SITOHANG (2021) PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENINGKATKAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PENYANDANG TUNARUNGU DI KOTA BINJAI , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pengaturan emosional untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyandang tuna rungu di Kota Binjai dan 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pretest-post test. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan kesejahteraan subjektif pada penyandang tunarungu sebelum dan sesudah pelatihan pengaturan emosi. Kesejahteraan subjektif pada penyandang tunarungu akan meningkat setelah diberikan pelatihan. Hasil analisis data menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai korelasi (r) antara sebelum pelatihan dan setelah pelatihan adalah 0,796 dengan signifikan 0,006 dan t = -4,553 dengan signifikan p = 0,001 <0,05 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara subyektif. kesejahteraan sebelum dan sesudah pelatihan regulasi emosional yang berarti hipotesis dapat diterima. Kesimpulannya adalah bahwa pelatihan regulasi emosional memberikan pengaruh dalam peningkatan kesejahteraan subjektif pada penyandang tuna rungu di Kota Binjai.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 12
NOMOR JURNAL 1
NAMA PENERBIT Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
NOMOR ISSN/ISBN 26139642
LAMAN PENERBIT (URL) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/32009