DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI MENGGUNAKAN ALGORITMA C 4.5

DESTY RUKMANA KUMALA SARI, DERY ROSANTA BR SITANGGANG, LINASARI HAREFA (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI MENGGUNAKAN ALGORITMA C 4.5 , SKRIPSI, UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

ABSTRAK

Kehadiran pandemi Corona virus disease 2019(Covid-19) telah mengubah tatanan di seluruh penjuru dunia dalam Waktu yang sangat singkat. Perubahan berskala besar ini telah terjadi dua tahun terakhir terhitung sejak tahun 2019 hingga saat ini. Hal ini mengakibatkan dunia pendidikan mengalami perubahan besar dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran masa pandemi covid 19 (daring)  sangat jauh berbeda dengan proses pembelajaran sebelumnya (tatap muka). Hal inilah yang menjadi masalah besar di dalam dunia pendidikan. Kebijakan Belajar daring yang dianggap akan menjadi solusi untuk masalah ini, ternyata hanya menjadi jembatan pemutus gairah belajar terhadap mahasiswa. dibuktikan dengan dampak yang dirasakan oleh  mahasiswa selama pembelajaran daring. Kepuasaan Pembelajaran daring yang dilakukan mahasiswa Universitas Prima Indonesia dapat dilihat dari hasil keosener (google form) yang telah peneliti bagikan kepada 501 mahasiswa. Peneliti  memanfaatkan data mining untuk menggali informasi penting yang diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memberlakukan proses pembelajaran daring yang terjadi saat ini.Pengukuran tingkat kepuasaan dilakukan dengan menghitung Entropy dan Gain dari setiap data yang menjadi sebuah pohon Keputusan dan menguji hasil menggunakan Rapid Miner. Dari hasil perhitungan dan pengujian menunjukkan bahwa terjadi penurunan minat belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. hal ini menyimpulkan bahwa pembelajaran daring di era pandemi memberikan dampak negatif bagi mahasiswa di Universitas Prima Indonesia.

JURNAL
KATEGORI JURNAL Jurnal Nasional Terakreditasi
TAHUN JURNAL 2021
VOLUME JURNAL 3
NOMOR JURNAL 2
NAMA PENERBIT Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing
NOMOR ISSN/ISBN 26559102
LAMAN PENERBIT (URL) https://jurnal.itscience.org/index.php/CNAPC/index
LAMAN ARTIKEL (URL) https://jurnal.itscience.org/index.php/CNAPC/article/view/990